Pengertian Jerawat dan komedo

Posted by Dunia Kesehatan on Jumat, 29 Mei 2015 | 16.44



Jerawat adalah penyakit kulit dengan penderita dalam jumlah yang cukup besar, jerawat diakibatkan karena tersumbatnya pori-pori kulit sehingga dapat menimbulkan kantung nanah yang meradang. Seorang peneliti yang bernama kaligmann berpendapat “ Tak ada seorangpun di dunia ini melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat”. Kemungkinan tumbuhnya jerawat pada diri seseorang karena perubahan hormone yang merangsang kelenjar minyak pada kulit manusia. Perubahan hormone lain yang dapat memicu timbulnya jerawat pada seseorang adalah pada masa kehamilan, pemakaian pil KB, menstruasi dan stress.



Penyebab Jerawat Muncul
1.      Bakteri
Bakteri yang biasa disebut p.acne, yang biasa berkembang biak pada kelenjar sebaceous yang tersumbat sehingga menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi di daerah sekitarnya, karna bakteri ini kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah dan tidak menutup kemungkinan akan menyebarkan radang kulit ke daerah sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan jerawat batu, yaitu jenis jerawat yang meninggalkan bekas luka seperti cacar dan akan meninggalkan pigmentasi jangka panjang.
2.      Produksi Minyak Berlebihan
Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon. Oleh karena itu jerawat tidak selalu muncul karena kotor, bisa juga disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh manusia. Jerawat akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak pada manusia dapat menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan juga penyumbatan pada pori-pori kulit. Tumpukan minyak atau sebum pada kulit berkolaborasi dengan bakteri sehingga dapat menimbulkan jerawat.
3.      Stres
Pada saat sesorang stres ada hormon tertentu yang keluar, yang dapat memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tidak hanya itu, sesorang yang mengalami stres dapat membuat orang tersebut memiliki pola makan yang buruk, seperti banya mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai pelarian dari stres. Namun stress tidak secara langsung dapat menyebakan timbulnya jerawat.
4.      Sel-sel kulit mati
Pada umumnya jerawat timbul diakibatkan karena kelenjar minyak yang berlebihan bercampur dengan sel-sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit mati tersebut bercampur dengan debu atau kotoran dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik-bintik hitam maupun putih. Banyak orang yang beranggapan jerawat hanya menyerang seseorang pada bagian muka saja, namun faktanya jerawat dapat menyerang lengan atas, dada, maupun punggung seseorang.
5.      Obat-obatan
Penggunaan obat-obatan yang mengandung kortikosteroid, baik obat oral (minum) maupun obat topical (oles) dapat mengakibatkan daya tahan tubuh sesorang menurun, sehingga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.
6.      Kosmetik
Penggunaan kosmetik dapat juga mengakibatkan jerawat, hal ini sering terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minya ataupung penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Penggunaan bedak yang mengandung foundation unu dapat menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori, sehingga dapat memicu tumbuhnya jerawat.
7.      Telpon genggam
Penggunaan telpon genggam pun dapat mengakibatkan timbulnya jerawat, karena pada pemukaan telpon genggam bisa menjadi media subur untuk tumbunya bakteri. Untuk mencegahnya dapat membersihkan dengan tisu ataupun menggunakan alkohol secara rutin. Usahakan supaya tidak menempelkan telpon genggam ke pipi ketika menelpon.

Jenis-jenis jerawat
1.      Jerawat Batu (Cystic acne)
Jerawat batu atau di istilah kedokteran sering disebut dengan Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan yang hebat dan berkumpulnya diseluruh muka. Penderita Cystic acne biasanya memiliki hormon dari keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini.pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal biasa. Secara genetik penderita Cystic acne memiliki kelenjar minyak yang over aktif sehingga membanjiri pori-pori dengen kelenjar minyak tersebut.
2.      Jerawat Biasa
Jenis jerawat yang satu ini mudah dikenal karena tonjolan kecil berwarna kemerahan atau pink. Jerawat jenis ini terjadi karena tersumbatnya pori-pori oleh infeksi bakteri jenis propionibacterium acne. Jenis bakrteri ini biasa hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbut, yaitu di daerah beradanya asam lemak pada kantung kelenjar. Bakteri ini biasa hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu pada daerah yang di beri nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini dapat hidup tanpa membutuhkan oksigen karna bakteri ini merupakan jenis anaerobik dan juga mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang dapat menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya.
3.      Komedo
Komedo adalah pori-pori yang tersumbat atau juga disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak  yang berlebihan pada kulit, ada dua jenis komedo bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka biasa disebut blackhead terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, sedangkan Komedo yang tertutup whitehead memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. 

Cara mengatasi jerawat (baca selengkapnya)

Blog, Updated at: 16.44

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Online Copyright Search
Diberdayakan oleh Blogger.