6 Penyebab Radang Tenggorokan

Posted by Dunia Kesehatan on Senin, 01 Juni 2015 | 11.40

Radang tenggorokan (Faringiris) adalah penyakit yang menyerang bagian belakang tenggorokan atau dikenal dengan istilah faring. Tempat yang sering terjadi peradangan biasanya semua bagian tenggorokan maupun salah satu bagian saja, meliputi sepertiga bagian belakang lidah, pada bagian tonsil (amandel) maupun bagian langit-langit mulut bagian belakang.  Pada bagian yang terserang peradangan akan menyebabkan seseorang merasa sakit pada saat menelan, baik pada saat sesorang minum atau makan, pada saat menelan ludahpun akan menimbulkan rasa kurang nyaman dan menyebabkan rasa sakit.



Biasanya radang tenggorokan diakibatkan oleh infeksi, baik infeksi mapun non ifeksi (alergi, iritasi, kekeringan, gangguan system pencernaan).
Baca Juga Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh

Radang tenggorokan akibat non infeksi :

1.      Alergi
Dalam hal ini seseorang dapat mengalami gangguan tenggorokan akibat alergi, bisa alergi terhadap bulu hewan seperti bulu kucing dan bulu anjing maupun bulu hewan-hewan lainnya, selain dari bulu hewan alergi bisa karena debu, serbuk sari dan jamur.\

2.      Iritasi
Iritasi juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan, iritasi pada tenggorokan banyak penyebabnya, biasanya iritasi terhadap sesuatu bendan yang masuk melewati tenggorokan tersebut, seperti iritasi yang disebabkan makanan, diataranya ciki-ciki ( makanan ringan ), makanan pedas, gorengan, keripik dan lain sebagainya. Minuman pun dapat menimbulkan iritasi pada seseorang, seperti minuman yang mengandung alcohol. Selain makanan dan minuman beberapa hal berikut dapat mengakibatkan iritasi, seperti asap rokok dan polusi udara.

3.      Kekeringan
Kekeringan yang terjadi di tenggorokan akibat kurangnya kadar kelembabpan akan menimbulkan radang tenggorokan. Biasanya hal ini terjadi akibat kurang minum maupun suhu udara yang panas.

4.      Gangguan system pencernaan
Tenggorokan merupakan salah satu dari rangkaian system pencernaan. Gangguan system pencernaan atau istilah kedokteran Gastroesophageal Reflux Disease atau di singkat GERD, merupakan gangguan system pencernaan dimana asam lambung dan isi lainnya dari lambung kembali ke atas atau reflux yakni naik ke esophagus. Karena isi dari asam lambung bersifat meniritasi jaringan maka bisa menyebabkan peradangan pada tenggorokan. Tanda-tanda sesorang mengalamin GERD adalah suara serak, muntah, perut terasa mulas dan seperti ada benjolan di tenggrokan.

Penyebab radang tenggorokan akibat infeksi

1.      Infeksi Bakteri
Bakteri merupakan salah satu sumber penyakit, namun  bakteri yang menyebabkan penyakit adalah bakteri jahat saja, ada juga beberapa bakteri yang dapat membantu manusia. Tapi kali ini kita akan membahas bakteri jahat yang menyebabkan radang tenggorokan. Infeksi bakteri ini meliputi :
·         Difetri merupakan penyakit pernapasan yang serius, hal ini biasa terjadi pada negara-negara industry seperti negara berkembang.
·         Bakteri Streptococcus pyogenes bakteri ini bisa menyebabkan radang tenggorokan.
·         Batuk Rejan, batuk rejan merupakan infeksi bakteri. Infeksi ini menyerang saluran pernafasan dan sangat menular.

2.      Infeksi Virus
Virus pun merupakan hal utama yang sering menyebabkan seseorang terkena penyakit, kali ini ada beberapa macam virus yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.
·         Virus Croup adalah virus yang sering menyebabkan penyakit pada anak, gejalanya adalah seperti batuk keras dan menggonggong,
·         Virus campak
·         Virus cacar air
·         Common cold
·         Influenza (flu)
·         Mononucleosis (mono)

Itulah ulasan beberapa penyebab radang tenggorokan, mungkin ada dari beberapa pembaca pernah mengalani radang tenggorokan dengan sebab-sebab yang lain? Silahkan tulis komentar dan saya akan menambahkanyya sebagai referensi saya dan dapat menjadi pengalaman bagi pembaca kita yang lain.

Blog, Updated at: 11.40

0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Online Copyright Search
Diberdayakan oleh Blogger.